Pengantar Bisnis Informatika
Buat
sebuah artikel yang menceritakan sebuah wirausaha/perusahaan besar/kecil dalam
menjalankan tanggung jawab sosial terhadap konsumen dan lingkunganya.
Tanggung
jawab Sosial Perusahaan kecil atau besar kepada lingkungan maupun konsumen atau
bisa juga disebut Corporate Social Responsibility(CSR) adalah suatu konsep
bahwa organisasi, khususnya dalam perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen,karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek
operasional perusahaan yang dimiliki. Pada dasarnya setiap perusahaan memang
harus memiliki tanggung jawab social yang tinggi, contoh misalnya jika kita
memiliki perusahaan dibidang penjualan pakaian maka tanggung jawab yang
dimiliki harus dilihat dari segi aspek kualitas pakaian yang dijual, harga jual
yang cocok dipasaran, segi penujualan yang jujur, dll.
Pada
artikel kali ini yang akan coba dibahas yaitu wirausaha penjualan Jersey (Baju
Bola) Grade AAA KW Thailand. Ini diangkat dari pengalaman penulis yang pernah
berwirausaha sebagai reseller/penjual penjualan Jersey KW Thailand. Pada
umumnya setiap penjualan suatu barang dagang online pasti harus bisa memiliki
suatu kepercayaan yang tinggi agar si pembeli dapat membeli daganan yang
dipasang disitus online tersebut. Oleh karna itu kejujuran perlu dalam hal
berbisinis online. Pada mulanya pemasaran/promosi dilakukan dengan berbagai
cara, dari media kaskus, facebook, twitter, serta BBM (Blackberry Messanger)
ini dituju agar sang pembeli berminat dan tahu barang yang akan dijual.
Kemudian setelah promosi dilakukan maka selanjutnya jelaskan tata cara
pembayaran, pemesenan, serta waktu pemesenan Jersey sampainya kapan ke tangan pembeli.
Pertama jika ada pembeli ingin memesan Jersey, dia harus membayar DP terlebih
dahulu agar penjual percaya kalo si pembeli ini serius dan berminat ingin
memesan Jersey. Jika si pembeli telah membayar DP maka didaftar dalam list
pemesanan Jersey oleh penjual, ini agar data sang pembeli yang memesan Jersey
tersebut jelas dan tidak terjadi kesalah pahaman dalam pemesanan dan
pengiriminan Jersey.
Selanjutnya
ketika Jersey yang penjual pesean langsung dari Thailand telah datang, maka
langkah selanjutnya penjual akan mengabari ke pembeli bahwa pakaian yang telah
dipesan telah sampai dan pembeli harus melunasi pembayaran yang sebelumnya
telah di bayar DP. Setelah pembeli melakukan transaksi/pelunasan maka penjual
akan mengirimkan pesenan Jersey ke pembeli tersebut. Disini dibutuhkan
kepercayaan yang sangat tinggi antara penjual dan pembeli agar pemesenan Jersey
dapat dipesan. Dan tanggung jawab sang penjual adalah bagaimana bisa menjual
barang sesuai dengan pemesenan sang penjual, kualitas barangnya/ Jerseynya
harus sesuai dengan promosi yang dilakukan sang penjual, kemudian waktu ini
yang terpenting karna yang namanya pemesenan itu sering terhalang oleh kendala
waktu, baik dari segi pengiriman yang suka terlambat maupun barang/Jersey yang
dipesan suka belum ada.
Maka
dari situlah tanggung jawab social perlu diutamakan jika ingin berwirausaha.
Jika penjualan memiliki kualitas yang sesuai dengan keinginan pemesan maka
nantinya pasti akan banyak pelanggan yang lain akan memesan. Tanggung jawab
terhadap pemesenan barang agar sampai ke tangan pembeli perlu diutamakan dalam
penjualan Jersey ini. Agar nantinya pembeli bisa puas terhadap pesanan yang ia
pesan.
No comments:
Post a Comment